Powered by Blogger.
Subscribe to Feed


RSS

SATRIA F-150 TERBUKTI AMPUH JEJELKAN PISTON CBR

Modif Suzuki Satria F-150 2008, Piston CBR Terbukti Ampuh Buat Satria F150


Piston Honda CBR150 dipakai di Suzuki Satria F-150 terbukti ampuh. Geberan Antonius Petruk itu jauh meninggalkan lawan dengan selisih waktu hampir 2 detik. Tepatnya di Karawang Drag Bike 2011 lalu.

Motor milik Roby Davidsen Tansil dari New Gaya Motor ini, jawara di kelas FFA s/d 250 cc 4-tak. “Berkat aplikasi piston milik Honda CBR150 yang lebih ringan,” jelas Sapuan, mekanik RMC Sapuan yang kelahiran Nganjuk, Jawa Timur itu.

Piston atau seher CBR150 cukup menguntungkan. Karena ringan dan bentuknya sudah seperti racing. Badan seher hanya sedikit yang bergesekan dengan dinding liner. Menguntungkan buat motor drag bike yang semuanya harus serba ringan.

Seher CBR150 yang digunakan oversize 300. Kini kapasitas silinder 215 cc karena sudah dibarengi naik stroke dengan penggantian setang seher punya Yamaha LS3.
"Diameter seher 66,5 mm dibarengi stroke jadi 62 mm. Ini setelah pen kruk as dimodifikasi dan aplikasi pakai setang piston Yamaha LS3,” imbuh mekanik dari Jl. Intan 1, No. 86, Harapan Jaya, Bekasi.

Gak hanya seher dan stroke yang naik, rencananya magnet juga begitu. Dibikin lebih maju teknologinya. Magnet dibikin seperti milik spesial engine. “Tapi, buat sendiri. Bentuknya mirip YZ125 namun sistem basah atau kerendam oli. Bobotnya dibikin 320 gram,” lanjut mekanik piawai kelistrikan ini.

Pilih bobot 320 gram (lebih berat 20 gram dari magnet asli YZ125 atau motor drag umumnya), jelas punya alasan. Kata pria sumringah ini, bobot sedikit berat untuk mengejar rpm tengah ke atas. Ditujukan imbangi bobot total Satria F-150 yang cukup berat di kelasnya.

Biar piston enggak mentok, kompresi diamankan dengan memapas lingkar luar atau mendem piston 2 mm. Volume ruang bakar didukung kem LHK dan knalpot handmade.

"Kem dapat dari pemilik motor tanpa diubah ulang. Karena speknya pas dengan karakter mesin. Cuma buka-tutup sangat rahasia,” yakin Sapuan. (motorplus.otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI
Karburtor : Keihin PJ34 (40/122)
Per kopling: DBS
Pengapian : BRT I-Max 24 Step
Sok belakang : Kitaco 32 clik
Arm : Aluminium Thailand

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

YUK KITA INTIP MOTOR BEBEK MATIC PABRIKAN YAMAHA


YAMAHA LEXAM
- Yuk mengintip fitur Yamaha Lexam. Bebek automatic pertama Yamaha ini memang muncul di belakang Honda Revo AT yang sudah duluan meluncur dipertengahan tahun 2010 lalu. Tapi, konon Yamaha punya senjata untuk bisa lebih diterima pasar.

Utamanya masalah konsep sepeda motor itu sendiri. Honda berangkat dari pemikiran sepeda motor bebek yang dbuat jadi automatic. Semua perangkat pengoperasiannya layaknya bebek tapi tanpa harus pindah gigi.

Paling menonjol adalah, rem belakang tetap di kaki sebelah kanan. Begitu juga footstep pengendara yang bentuknya tetap pipa dengan bungkus karet.

Sedang Yamaha yang menyasar konsumen 4wheeler menonjolkan kenyamanan. Tahu sendiri, orang memilih mobil sebagai alat transportasi sehari-hari tentunya karena nyaman. Bagi Yamaha cara berkendara ala skutik paling nyaman. Makanya rem belakang kita pindah ke stang sebelah kiri dan pijakan kaki yang lebar layaknya skutik," terang Paulus Firmanto, GM Promosi and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Yamaha juga melakukan penyempurnaan pada suspensi depan Lexam. Di dalam tabung teleskopiknya ada dua buah pegas yang diyakini mampu memberikan kenyamanan lebih.

Sama seperti Revo AT, Lexam juga dilengkapi dengan rem parkir atau yang oleh Yamaha disebut dengan nama rear hand brake. Namun pada Lexam cara mengoperasikannya beda, lebih praktis ketimbang yang ada pada Revo AT.

Di Lexam untuk mengunci, pengendara hanya harus menekan tuas rem belakang dan menekan kunci rem ke bawah. Untuk melepasnya tekan saja tuas rem lalu lepaskan. Hanya butuh satu tangan, dan malah lebih mirip rem parkir pada skutik Honda, BeAT atau Vario.

Sedang pada Revo AT pengendaranya harus menggunakan kaki dan tangan untuk menkunci. Harus injak rem belakang lalu menarik tuas yang berada di bawah stang. Untuk melepasnya harus injak rem belakang. Oiya, pada Lexam juga terdapat indikator rear hand brake di panel speedometer. Saat terkunci maka lampu berwarna kuning menyala dengan tulisan "lock".

Kini lanjut ke mesin. Memang menggunakan platform baru, namun mesin SOHC, 2 klep yang mengusung volume silinder 113,7cc ini memiliki bore x stroke yang sama dengan Vega ZR. Sama-sama 50mm x 57,9mm.

Namun urusan tenaga, Lexam sedikit lebih besar yaitu 8,69 hp sedangkan Vega ZR hanya 8.02 hp. Mungkin ini karena penggunaan karburator yang lebih besar, Lexam pakai karburator Mikuni 25mm, sedang Vega ZR pakai Mikuni 17mm.

Tapi soal konsumsi bahan bakar, Yamaha enggan membicarakannya. "Kita tidak menjanjikan konsumsi bahan bakar dan kecepatan pada Yamaha Lexam. Tapi kami menjanjikan kepraktisan dalam berkendara dan solusi kemacetan," ungkap Paulus disela peluncuran Lexam, minggu lalu.

Lanjut ke transmisinya. Ini yang bikin beda dengan bebek biasa. Yamaha menggunakan teknologi Yamaha Compact Automatic Transmission (YCAT). Prinsip kerjanya sama seperti Revo AT.
Posisi continuously variable transmission (CVT) ada di bak mesin sebelah kanan menggantikan posisi kopling ganda / kopling otomatis ala bebek. Dari perangkat CVT tersebut kemudian tenaga ditransferkan ke rantai pada sisi sebelah kiri mesin setelah sebelumnya melewati kopling.

Namun YCAT ini diklaim memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya kemampuannya mereduksi panas mesin yang bisa membuat belt (sabuk CVT) cepat aus dan tidak efisien mentransferkan tenaga dari mesin.

Yamaha membekali Lexam dengan aliran pendinginan CVT dengan sistem udara tanpa hambatan. Udaranya diambil langsung dari luar melalui belalai sebagai ventilasi untuk kemudian disalurkan pada ruang V-Belt.

Belalai ini dilengkapi dengan saringan udara pendingin dengan lapisan oli. Posisi saringan dan tempat masuknya aliran udara dari luar juga diletakkan diatas, agar Lexam leluasa menerjang genangan air.

"Belt CVT pada Lexam juga dibuat khusus dari bahan khusus yang membuatnya tahan hingga 40 ribu kilometer atau sekitar 4 tahun," yakin Paulus. Wah awet dong! (motorplus.otomotifnet.com)

Dimensi
PxLxT : 1.920x680x1.075 mm
Jarak sumbu roda : 1.235 mm
Ground clearance : 145 mm
Tinggi tempat duduk : 760 mm
Berat isi : 110 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,1 liter

Rangka
Tipe rangka : Pipa baja tulang bawah / steel tube underbone
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : lengan ayun, suspensi ganda
Ban depan : 70/90-17M/C 38P
Ban belakang : 80/90-17 M/C 44P
Rem depan : cakram
Rem belakang : tromol

Mesin
Tipe mesin : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara
Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/mendatar
Volume silinder : 113,7 cc
Diameter x Langkah : 50,0 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 9,30 : 1
Daya maksimum : 8,69 hp / 8.000 rpm
Torsi maksimum : 8,73 Nm / 7.000 rpm
Sistem starter : electric starter dan kick starter
Sistem pelumas : basah
Kapasitas oli mesin : Total 1,150 liter / Penggantian berkala: 0,94 liter
Sistem bahan bakar : Karburator BS25-52 x 1
Tipe kopling : V-Belt otomatis dan reduksi secondary rantai/chain drive
Pola pengoperasian transmisi : CVT otomatis

Kelistrikan
Sistem pengapian : DC C.D.I.
Battery : YTZ5S (MF Battery 12V 3,5 Ah)
Tipe busi : C6HSA (NGK)
Penulis : Popo | Teks Editor : Popo | Foto : Popo, Aant

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Norton 360 Versi 5 Dijamin Tangguh


Lima bulan berselang setelah Symantec memperkenankan pengguna mengunduh Norton 360 versi 5 beta secara gratis, akhirnya produk final aplikasi sekuriti ini diluncurkan juga.
Seperti versi-versi sebelumnya, Norton 360 versi 5 merupakan paket komplet untuk melindungi PC, baik dari serangan eksternal maupun gangguan internal. Bukan cuma memiliki aplikasi keamanan seperti antivirus dan anti-phishing, di dalamnya terdapat pula fungsi pencadangan (backup) data serta perawatan (tuneup) PC.
Pada versi terbaru ini, Norton 360 menampilkan antarmuka Norton Control Center yang lebih mudah dipahami pengguna. Di sini, pengguna dapat langsung mengetahui snapshot kontrol keamanan, pengaturan, dan informasi status perlindungan dan kinerja PC yang mereka gunakan.
Norton Control Center juga memberikan akses cepat ke Norton Cybercrime Index, Norton Online Family dan layanan pemeringkat website Norton Safe Web – layanan-layanan yang juga terdapat dalam aplikasi Norton Internet Security 2011.
Fungsi PC Tuneup dan Automated Backup pun “didandani” guna menjaga PC bekerja lancar serta menjaga konten di dalamnya tetap aman. PC Tuneup kini memiliki fitur pembersih registry, memperingan memori, serta menghapus file-file tidak penting untuk meningkatkan kinerja hard drive.
Dengan kinerja pencadangan dan pemulihan yang lebih cepat serta dampak yang lebih kecil terhadap sistem, Norton 360 kini membuat cadangan berkas musik, multimedia, dan dokumen-dokumen penting lain lebih mudah dibanding sebelumnya.
Norton 360 juga menampilkan indikator kemajuan selama proses serta dan melakukan enkripsi file yang ditaruh di penyimpanan online untuk menambah lapisan keamanan ekstra.
Fitur-fitur di atas tentu saja kian melengkapi fungsi sekuriti khas Norton 2011 yang didukung teknologi Norton Insight yang berbasis reputasi, metode SONAR 3, ditambah fasilitas Norton Power Eraser dan Norton Bootable Recovery Tool.
Sebagai bukti ketangguhan, Norton 360 versi 5 berhasil meraih skor perlindungan 100% untuk deteksi ancaman online dari Dennis Technology Labs. Paket ini pun menempati peringkat pertama dalam tes kinerja PassMark Software (kinerja 37% lebih baik dan melakukan scan 45% lebih cepat dari rata-rata pesaing serta mencatat waktu instalasi paling cepat 49 detik).
Norton 360 versi 5 dijual di Indonesia melalui sejumlah peritel resmi atau bisa juga dibeli secara online di http://store.norton.com/ID/en. Siapkan dana Rp305.550 untuk membeli lisensi 1 PC atau Rp539.550 untuk 3 PC.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

CDI RACING LEBIH RESPONSIF DARI CDI PABRIKAN

Menguji Kemampuan CDI Racing, Apakah Mampu Menurunkan Emisi?

OTOMOTIFNET - Selain knalpot freeflow, CDI racing jadi part paling diburu biker. Terutama buat mereka yang doyan tunggangan berperforma. Bahkan beberapa pemakai CDI racing ada yang bilang, peranti itu tidak hanya meningkatan performa, motor juga jadi tidak terlalu doyan mampir pompa bensin.

“Dua efek penggunaan CDI racing itu memang akan terjadi secara bersamaan. Pasalnya dengan sistem pengapian yang sudah lebih disempurnakan dari CDI bawaan pabrik, maka pembakaran di dalam ruang bakar jadi lebih sempurna,” ujar Joko Sutopo, mekanik bengkel Padepokan Enduro Matic di Jl. M. Yusuf Raya, Depok.

Wah kalau memang pembakaran jadi lebih sempurna, maka gas buang yang dihasilkan jadi lebih ramah lingkungan dong? Ketimbang penasaran, coba dijajal yuk.
Untuk mendapatkan hasil pengujian, dipilih salah satu CDI racing buatan lokal, BRT tipe Neo Hyperband. Motor yang dipakai buat pengetesan, Suzuki Shogun 125 keluaran 2008 yang diisi bahan bakar Premium.
Alat pengetesan, digunakan alat pengukur gas buang merek Brain Bee AGS-688, milik Amiaw Motor Sport (AMS) di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.
Cara tes pakai alat ini, dengan memasukkan langsung slang pengujian pada lubang knalpot. “Proses pengetesan tidak lebih dari 5 menit, dengan mesin motor dalam kondisi idle alias langsam,” tutur Angian, mekanik di bengkel AMS.

Agar dapat hasil perbandingan yang sesuai, maka pengetesan dilakukan dalam 2 tahapan. Pertama dilakukan pada Shogun 125 yang masih pakai CDI bawaan pabrik. Pengetesan selanjutnya, CDI bawaan pabrik diganti racing merek BRT.

Masih pakai CDI standar

Co turun tipis setelah pakai CDI aftermarket
Penasaran hasilnya? Saat Shogun 125 masih pakai CDI bawaan lahirnya, proses pembakaran dalam kondisi putaran mesin langsam menghasilkan kandungan CO 0,25% dan HC 699 ppm.
Sementara ketika pemakaian CDI diubah pakai CDI Racing BRT Hyperband, dalam gas buang sisa pembakaran dalam ruang bakar Shogun 125 terdapat muatan CO 0,20% dan HC 979 ppm.
Kesimpulan
Dari hasil yang keluar dari gas analyzer, saat pakai CDI BRT kadar CO terkoreksi tipis (dari 0,25% jadi 0,20%). Namun koreksi tersebut tidak diikuti angka hasil tes pada HC yang menjadi 979 ppm dari 699 ppm.

“Dari angka-angka itu menunjukkan pakai CDI racing, gas buang jadi lebih ramah lingkungan. Namun, pada saat mesin idle penggunaan part tersebut malah bikin uap bensin ada yang tidak terbakar,” terang Angian.

Masih kata pria ramah ini, penggunaan CDI racing membuat terasa lebih responsif alias enteng dibanding bila pakai CDI bawaan pabrik.

Penulis/Foto: Oct / Octa

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SAMSUNG KELUARKAN NOTEBOOK SUPER TIPIS


Setelah hadir notebook super tipis macam MacBook Air dan Dell Adamo XPS yang dikagumi orang, Samsung muncul dengan produk serupa yang tak kalah memukau lewat seri 9 mereka.
Mulai tahun 2011 ini pabrikan Smasung memang makin serius menggarap pasar komputasi mobile di semua level, namun Samsung juga menyiapkan segmen premium yang disiapkan khusus untuk konsumen yang membutuhkan lebih dari sekedar notebook. 
 
Adalah notebook seri 9 yang diperkenalkan vendor asal Korea Selatan ini sebagai notebook tertipis diantara jajaran Samsung lainnya, dengan ketebalan hanya 1,6cm praktis seri 9 jadi pesaing 2 produk yang telah disebutkan diatas.

Namun karena enggan disebut mengekor, Samsung sengaja membuat seri 9 tak sekedar tipis tapi juga memiliki berderet kelebihan yang membuatnya beda diantara kompetitor. Yang pertama tentu saja pada desainnya yang tipis dan berbobot amat ringan (1,3kg) sehingga saat dipegang tangan akan terlihat seperti membawa map saja. Kedua, material luar seri 9 memakai bahan duralumin yang ringan namun 2x lebih kuat dari almunium biasa. Bahan ini umumnya juga diaplikasikan pada pesawat terbang moderen untuk menghadirkan bodi luar yang anti gores.
 
Samsung sendiri melakukan uji ketat pada jajaran notebook ini mulai dari proses buka-tutup cover hingga 25 ribu kali, 10 juta keystroke, tes di suhu panas dan dingin yang ekstrim selama 6 minggu, hingga dijatuhkan pada ketinggian 76cm untuk memastikan notebook memang berdaya tahan tinggi.
 
Kelebihan berikut pada seri 9 adalah kemampuan layar mengadaptasi kondisi cahaya sekitar dimana saat terang maka displai akan memperkuat tampilannya hingga 300 nit lebih agar tetap mudah dilihat. Jika cahaya sekitar gelap maka displai layar ikut diredupkan sementara pencahayaan keyboard (backlit) akan muncul guna menerangi tiap karakter yang memudahkan pengetikan.
 
Untuk menyesuaikan desainnya yang ringan dan tipis, notebook seri 9 juga menggunakan storage SSD 128GB yang bekerja lebih cepat dari harddisk konvensional. SSD ini juga memungkinkan proses instant-boot dalam waktu 12 detik untuk langsung bekerja dan bahkan hanya perlu waktu wakeup 3 detik dari posisi sleep mode.

Karena difokuskan pada karakter mobile yang kuat, seri 9 memakai prosesor Core i5-2537 1,4GHz yang merupakan generasi SandyBridge model ultra-low-voltage yang hemat daya. Samsung sendiri menempatkan batere Lithium-polimer 5300mAh 6-sel yang dikombinasikan dengan teknologi PowerPlus untuk membuat operasional notebook mencapai lebih dari 7 jam.
 
“Seri 9 memang sengaja kami hadirkan khusus bagi pasar premium yang menyukai notebook dengan kelas yang berbeda. Untuk itu kami menghadirkan produk yang memiliki kelebihan dibandingkan notebook yang ada,” kata Felix Ignatius Tanumihardja, Notebook Product Manager dari Samsung Indonesia.

Untuk awalnya, notebook seri 9 dibanderol sekitar Rp 14,9 juta termasuk garansi selama 3 tahun. Nantikan review lengkapnya di edisi cetak kami.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

INGAT KAN FLASHDISK ANDA YANG MASIH MENEMPEL DI KOMPUTER

Pendrive Reminder
Beberapa orang terlahir dengan bakat lupa yang "lebih parah" dibandingkan orang lain. Biasanya, penyakit lupa tersebut juga berkaitan dengan barang-barang yang berukuran kecil. Lupa tempat meletakkan, atau sebaliknya, lupa melepas dan mengamankannya, adalah salah satu contohnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan rasa jengkel terhadap diri sendiri.
Media simpan portabel berukuran ringkas seperti USB flashdisk juga sering menjadi objek terlupa. Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap hal tersebut, jika memiliki perangkat lunak bernama Pendrive Reminder. Aplikasi ini dapat mengingatkan bahwa masih ada flashdisk yang tertancap di komputer.
Anda dapat memasang dan menggunakan Pendrive Reminder dengan syarat di komputer telah terinstal .NET Framework 2. Setelah terpasang, konfigurasi Pendrive Reminder dapat diatur agar memberikan alarm lewat tiga pilihan, yaitu: Silent Mode, Alarm, serta Countdown.
Mekanisme pertama akan menampilkan panel pop-up saat pengguna melakukan shutdown, log-off atau restart komputer. Mekanisme kedua akan memunculkan pop-up ketika rentang waktu yang telah ditetapkan tercapai. Pilihan ketiga mirip dengan pilihan kedua, hanya bedanya menggunakan hitungan mundur. (Vincent Bayu Tapa Brata)
***
Sepintas Pendrive Reminder merupakan perangkat lunak sepele. Namun, dalam kenyataannya, kegunaannya ternyata begitu tinggi. Ini khususnya sangat berguna jika kita sering bekerja secara mobile. Dengan perkakas ini, semua kemungkinan tertinggalnya data kerja hanya akan menjadi cerita masa lalu.
Spesifikasi USB Safe Guard
Jenis
Freeware
Ukuran berkas instalasi
1,32MB
Situs web
Sistem operasi
Windows
Plus    : Gratis, mudah digunakan
Minus : Tidak menyediakan mekanisme alarm lain seperti audit

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

AMAN KAN DATA PADA FLASHDISK ANDA

USB SafeGuard

Media simpan portabel berupa flashdisk semakin populer karena praktis dan ringkas. Namun, karena bentuknya kecil dan mudah tercecer, risiko kehilangan data pun cukup tinggi. Jika data bersifat sensitif dan pribadi, sangat fatal akibatnya ketika media simpan ini hilang atau tercuri.
Jika Anda merupakan pengguna flashdisk, Anda perlu perangkat lunak pelindung data. Contohnya, USB SafeGuard. Aplikasi ini mampu mengenkripsi isi media simpan sekaligus menghancurkan data dengan standar militer atau badan intelijen, khususnya saat terjadi beberapa kali percobaan akses data secara paksa dan ilegal.
Setelah mengunduh perangkat lunak ini, Anda harus menyalin berkas instalasinya ke dalam flashdisk yang juga sudah berisi data-data kerja. Klik beruntun pada berkas instalasi, maka akan tampil dialog pembentukan password enkripsi dan dekripsi data. Setelah itu, Anda akan diminta memilih berkas-berkas kerja yang hendak dienkripsi dengan cara click & drag. Pengguna akan ditawari untuk membuat berkas berisi password enkripsi-dekripsi dan disimpan di tempat lain.
Langkah pamungkas dan yang menjadi nilai lebih adalah tawaran metode penanganan risiko hilangnya media simpan. Ada tiga pilihan, yaitu: Don't Remove, Zero Out Data, serta DoD 5220.22-M. Pilihan terakhir merupakan yang paling aman karena menggunakan standar penghancuran data dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat.
Bila hendak mengakses data, Anda tinggal mengklik beruntun pada ikon USB SafeGuard dalam flashdisk, lalu isikan password dekripsi dengan benar. (Vincent Bayu Tapa Brata)
***
USB SafeGuard mampu menjadi perangkat lunak pengaman media simpan portabel yang praktis, mudah digunakan, serta menggunakan standar pengamanan tingkat tinggi. 

Spesifikasi USB Safe Guard
Jenis
Freeware
Ukuran berkas instalasi
736KB
Situs web
Sistem operasi
Windows
Plus     : Gratis, ada feature penghancur data, mudah digunakan
Minus : Dokumentasi kurang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS